Sabtu, 22 September 2012

gejala patah tulang

Namun apa saja sih yang dapat kita ketahui bila terjadinya patah tulang?
1. Nyeri
Biasanya pada daerah yang mengalami patah tulang akan terjadi rasa nyeri baik pada saat digerakkan atau pada saat tidak digerakkan.
2. Bengkak
Akibat dari pecahnya pembuluh darah di daerah sekitar patahan tulang, maka dapat kita lihat adanya bengkak pada daerah kulit di sekitar tulang yang patah.
clip_image001
Bengkak pada daerah patah tulang
3. Kemerahan dan panas
Sama dengan poin nomor dua, selain bengkak biasanya ditemukan adanya kemerahan dan sensasi panas sebagai akibat mengumpulnya darah di daerah yang mengalami patah tulang.
4. Gangguan fungsi
Tentunya akibat dari terputusnya jaringan tulang, maka biasanya yang paling sering terjadi adalah gangguan dari fungsi pergerakan di daerah yang patah tersebut.
5. Terlihatnya perdarahan dan patahan tulang
Hal ini biasanya terlihat pada patah tulang terbuka dimana patahan tulang yang menembus jaringan kulit biasanya disertai dengan perdarahan dan rusaknya daerah kulit tersebut.
6. Bunyi gemercik \"crackle\" pada daerah patahan
Akibat tulang yang patah biasanya pada daerah ini bila ditekan akan terasa sensasi bunyi gemercik seperti menekan ada pasir di bawahnya. Namun jangan pernah melakukan hal ini pada bagian yang patah karena akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar